Kecoak Madagaskar Bisa Selamatkan Orang Dari Gempa Bumi


Manusia tak pernah membayangkan kecoak bisa menguntungkan manusia. Sebaliknya, bagi banyak orang, kecoak adalah hewan menjijikkan.

Namun, sebuah Universitas Amerika Serikat melakukan penelitian dengan membuat 'robot kecoak untuk menyelamatkan kehidupan manusia dalam misi mencari dan menyelamatkan. Ini bukan robot betulan, melainkan seekor kecoak dilengkapi alat pemancar suara khusus.

Proyek "robot kecoak" ini diusulkan oleh para ilmuwan Universitas North Carolina, Amerika Serikat. Kecoak besi itu dilengkapi semacam gendongan elektronik dan pengeras suara yang mengontrol si serangga bergerak lantas membantu menemukan manusia di tempat yang sangat tertutup, seperti dilansir Stasiun Televisi Russian Today.

Kecoa yang disebut 'biobots' ini berpotensi diprogram menyelamatkan nyawa manusia dari bencana alam, seperti gempa bumi dasyat.

"Serangga dengan kemampuan alami yang bisa menjangkau tempat-tempat kecil. Menawarkan keunikan lain daripada yang lain dari robot sintetik biasanya," tulis proposal para peneliti tersebut yang berjudul "Sensor Akustik Robot Pencari dan Penyelamat."

Percobaan ilmiah ini berdasarkan sensitivitas pengeras suara dalam badan serangga. Kecoa itu mencari sumber dari suara dan membantu mengidentifikasinya.

"Keberhasilan menggunakan biobot kecoak ini dari resolusi tinggi untuk membedakan suara yang penting, seperti misalnya suara orang minta tolong - dari suara yang tidak penting seperti halnya suara pipa," ujar Alper Bozkurt dari tim peneliti.

Teknologi itu juga ditambahkan ke beberapa pengeras suara mini untuk mendeteksi arahnya suara, menganalisis dan menemukan sumber suara tersebut, serta mengarahkan robot ini ke arah suara.

"Sistemnya sudah di uji di laboratorium dan bekerja dengan baik," imbuh salah satu anggota tim.

Selama beberapa dekade, studi penelitian ini difokuskan pada hal pendeteksian gempa bumi oleh kecoak. Hewan ini termasuk dalam daftar selusin spesies spesial, lantaran memiliki daya tahan luar biasa untuk bertahan hidup.


Sumber: merdeka.com