Prilaku Kecoak Madagaskar

Mayoritas Kecoak di negara-negara tropis hidup sebagai pemulung di luar ruangan. Maksudnya mereka hidup di serasah tanah hutan dan di kayu busuk di hutan hujan tropis dan mereka adalah jenis serangga tanah yang menghabiskan hidupnya mengobrak-abrik sampah dedaunan, buah-buahan busuk, vegetasi lainnya dan bahan-bahan organik di hutan tropis untuk mencari makanan.
Kecoak Madagaskar bergerak sangat lambat dan tenang, mereka juga tidak menggigit. Kecoak Madagaskar termasuk kedalam jenis serangga yang jinak, oleh karena itu mereka dapat dengan mudah ditangani, dipelihara, bahkan oleh pemula atau orang yang belum pernah memeliharanya sama sekali.
Kecoak Madagaskar aktif di malam hari dan bersifat semi- komunal . Mereka tidak agresif seperti spesies lain dan terlalu lambat untuk melarikan diri dari sebagian besar predatornya.
Kecoak Madagaskar mengeluarkan suara mendesis untuk berkomunikasi satu sama lain. Suara mendesis ini juga berfungsi sebagai mekanisme defensif atau pertahanan. Mereka melakukan ini dengan mendorong udara keluar melalui sepasang bagian tubuhnya yang disebut spirakel yang terdapat di bagian perut mereka. Inilah yang menghasilkan suara mendesis keras yang dapat mengejutkan predator, dan memberikan kesempatan kepada Kecoak ini untuk melarikan diri.

Sumber: Buku Cara Beternak Kecoak Madagaskar