Sejarah Singkat Kecoak Madagaskar

Kecoak Madagaskar  adalah salah satu jenis Kecoak yang konon berasal dari Pulau Madagaskar. Kecoak ini merupakan hewan endemik di pulau ini.

Pulau Madagaskar merupakan sebuah pulau yang terletak berseberangan dengan pantai timur benua Afrika bagian selatan di Samudra Hindia. Sebagai pulau terbesar nomor empat di dunia, Madagaskar sedikit lebih besar dibandingkan Prancis tetapi sedikit lebih kecil dibandingkan Texas.

Berdasarkan informasi dari indoensia.mongabay.com, terdapat sekitar 75% spesies yang ada di Madagaskar bersifat endemik, artinya tidak hidup di tempat lain di bagian bumi ini. Pulau ini merupakan rumah bagi binatang-binatang langka termasuk lemur (kelompok kera), tenrec (sejenis landak berduri), bunglon berwarna terang, puma-sejenis mamalia, dan jenis-jenis binatang lainnya.

Informasi lain dari Wikipedia, secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua itu. Pulau ini adalah daratan tua, sama seperti Australia, sehingga tanahnya kahat (kekurangan zat tertentu) bahan mineral akibat tidak adanya aktivitas vulkanik. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk.

Akibat isolasi ratusan juta tahun tersebut, flora dan fauna di Madagaskar menjadi sangat khas dan banyak spesies endemik ditemukan di sana. Keadaan ini mirip dengan yang terjadi pada Pulau Sulawesi.

Jadi apakah Kecoak Madagaskar benar-benar berasal dari Madagaskar?


Dapatkan Informasi lebih lanjut disini